Kamis, 17 April 2008

IKKAM-WHAT’S

(IKATAN KELUARGA KETURUNAN ALI MOEKMIN)


Perkumpulan ini, menurut saya digolongkan sebagai “paguyuban”-organisasi masyarakat yang beranggotakan keluarga yang mempunyai tali-temali(hubungan) darah satu sama lain. Tentu saja paguyuban didirikan ini tidak berorientasi pada usaha mencari keuntungan (seperti halnya perusahaan), tapi hanya semata hanya dalam kegiatan sosial. Walau kegiatan sosial seperti apa yang dimaksud itu tetap tergantung pada para pendirinya masing-masing paguyuban.

Ikkam didirikan tahun 1970-an (persisnya ?), oleh cucu keturunan Ali Moekmin (Tinah Poeger,Mul Walkiatmo,Tidjah Marsikin,Hadjat S Digdowirogo,Bambang Sutomo dll) yang saat itu tinggal di Jakarta, dan didorong pendiriannya oleh anak keturunannya Ali Moekmin(Mariman Digdowirogo dan Pudjihardjo) serta didukung oleh keturunan yang lain yang tinggal diluar Jakarta. Walaupun tidak ada bukti yang autentik dari maksud dan tujuan paguyuban ini didirikan (karena sampai dengan sekarang-bulan April 2008,paguyuban ini belum mempunyai Akte Notaris, seperti halnya perkumpulan modern lainnya); tapi menurut ‘analisa” saya adalah :

1. Sebagai wadah silaturahim antar keluarga keturunan Ali Moekmin (kegiatan arisan, misalnya) sehingga tercipta rasa asih, asuh dan asah diantara anggota(contoh ceramah tentang : sekolah alternatip dipondok pesantren, Kopasus dll).

2. Sebagai salah satu cara upaya meningkatkan pendidikan dikalangan generasi muda Ikkam, yang pada gilirannya nanti akan dapat meningkatkan daya saing dalam masyarakat (acara akhir tahun ajaran).

Pada awal pendirianya, Ikkam diketuai oleh : Hadjat S Digdowirigo, kemudian diganti oleh Djoko Subijanto(mas Bin) dan sekarang oleh Suciarso DW (Sekretaris : Yanto Mala Marsikin, Bendahara :Sumarti Utari Zulkanaen). Alamat Sekretariat : GRAHA INDAH,Jalan Melati 2, Blok A.XI Nomor 16,Jatikramat-Jatiasih Bekasi (kode pos ?).Telepon : 021-847 4946.Email : ?